Bagaimana dengan WNI yang tinggal di luar negeri tetapi mendapat penghasilan di Indonesia?

Status subjek pajak yang melekat Orang Pribadi WNI akan berdampak pada pengenaan pajak atas penghasilan yang diterima,

Status Subjek Pajak Orang Pribadi WNI Sumber Penghasilan dari luar Indonesia Sumber Penghasilan dari Indonesia
SPLN Tidak dikenai Pajak Penghasilan di Indonesia. Dikenai Pajak Penghasilan  sesuai ketentuan perundang-undangan di bidang perpajakan yang berlaku.
SPDN Dikenai Pajak Penghasilan sesuai ketentuan perundang-undangan di bidang perpajakan yang berlaku. Dikenai Pajak Penghasilan sesuai ketentuan perundang-undangan di bidang perpajakan yang berlaku.

Bagi subjek pajak Orang Pribadi dalam negeri yang meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya dan Orang Pribadi WNI yang bekerja di luar negeri lebih dari 183 (seratus delapan puluh tiga) hari dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan menjadi SPLN sejak meninggalkan Indonesia dan tetap diwajibkan menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan. SPT Pajak Penghasilan tersebut untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan jumlah pajak yang sebenarnya terutang atas penghasilan yang diterima atau diperoleh dalam Tahun Pajak atau Bagian Tahun Pajak terakhir dalam statusnya sebagai SPDN sesuai dengan ketentuan perundang-undangan di bidang perpajakan yang berlaku. Bagi subjek pajak orang pribadi dalam negeri yang meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya harus menyampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan paling lambat saat meninggalkan Indonesia.